Sabtu, 26 November 2011

3 Macam Mati Syahid

Uswah Islam setelah Subuh hari ini mengenai mati syahid.
Beberapa waktu yang lalu aku mendengar berita bahwa salah seorang teman yang merupakan masih muallaf telah meninggal dunia akibat terbunuh oleh temannya sendiri karena sesuatu hal (maaf yang membunuh teman lamanya, seorang kristiani), tepatnya pada bulan April 2011 yang lalu.
Innalilahi Wa inna Ilaihi Roji'un.
Semoga arwahnya diterima oleh Allah SWT.

Masih teringat, meskipun teman saya ini sudah menjadi jenazah, namun senyum tetap saja nampak dari bibirnya. Apakah ini termasuk salah satu orang yang mati syahid, semoga demikian.
Melalui berbagai sumber, akhirnya aku cari beberapa hal mengenai mati syahid.

Orang yang mati karena mempertahankan agama Islam, maka orang tersebut tergolong dalam mati syahid. Sungguh orang yang mati syahid akan ditempatlan di Surga oleh Allah SWT.

Ornag yang mempertahankan agama islam tanpa menghiraukan ancaman apapun untuk merubah keyakinannya, maka orang tersbut tergolong orang yang ingin hidup dan mati di jalan Allah SWT.

Mati Syahid dikategorikan dalam berbagau sebutan sebagai berikut:
1. Syahid Dunia Akhirat.
Yaitu orang-orang islam yang telah gugur di medan pertempuran untuk membela agama Allah SWT.

2. Mati Syahid Akhirat.
Yaitu orang-orangislam yang mati akibat kecelakaan, sakit perut, melahirkan, tenggelam, tertimpa longsoran batu dan sebagainya.

3. Mati Syahid Dunia.
Yaitu seorang prjurit yang telah gugur di medan perang dengan niat untuk membela agama Allah SWT dan mengharap rampasan perang.

Dan diantara syahid yang paling utama adalah mati syahid dunia dan akhirat.
Begitu mulianya orang yang mati membela agama Allah SWT, hingga jasadnya mendapat derajat yang tinggi di sisi Allah SWT.

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Label

5 Anak Muslim yang Ajaib (1) Al Qur'an (204) Asmaul Husna (1) cerita (61) doa (42) hadits (237) Haji (12) Iblis (6) islam (295) Jin (10) Kriteria Cowok Keren Versi Islam (4) Masjid (13) Nabi (27) Para Sufi (3) pengetahuan (19) Puasa (20) sahabat (43) Shalat (50) uswah (74) Wali (5)

Top Weekend