Minggu, 11 September 2011

Pengertian Ruqyah

Pada dasarnya ruqyah sama seperti doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT agar Allah berkenan memberikan kesembuhan penyakit, baik fisik maupun batin. Karena arti ruqyah sendiri secara bahasa adalah bacaan atau mantra.

Akan tetapi doa-doa untuk penyembuhan tersebut tidak boleh sembarangan melainkan yang sesuai dengan syariat Islam, yakni bacaan yang terdiri dari ayat Al Qur'an, Asmaul Husna serta doa-doa yang dicontohkan Nabi SAW berdasarkan hadits yang shahih.




Sehingga jika ada orang yang menyebut ruqyah namun prakteknya menyimpang, tentu bertentangan dengan ruqyah yang diperbolehkan oleh Nabi SAW.
Sebab di jaman sekarang ini begitu marak praktek yang mengaku-ngaku pengobatan ala Islam padahal kenyataannya kontradiksi dengan apa yang pernah diajarkan Nabi. Tujuan mereka hanya untuk meraup uang saja.

Ngerinya lagi, bila ruqyah yang dilakukan itu mengandung kesyirikan, seperti menyandarkan diri kepada selain Allah SWT, pemujaan kepada jin atau setan, meyakini kesembuhan dari benda-benada tertentu dan sebagainya.

Alasan inilah yang membuat Rasulullah SAW pernah melarang para sahabat untuk melakukan ruqyah, karena ruqyah kala itu lebih kental dengan nuansa syiriknya, padahal Islam datang untuk mengenyahkan segala bentuk kesyirikan.

Label

5 Anak Muslim yang Ajaib (1) Al Qur'an (213) Asmaul Husna (1) cerita (62) doa (47) hadits (241) Haji (12) Iblis (6) islam (344) Jin (10) Kristologi (18) Kriteria Cowok Keren Versi Islam (4) Masjid (13) Nabi (29) Para Sufi (3) pengetahuan (20) Puasa (34) sahabat (45) Shalat (52) uswah (76) Wali (5)