Selasa, 20 April 2010

Rahasia di Balik Sakit

Ujian berupa penyakit merupakan jalan memperoleh ampunan bagi mereka yang pernah dilakukan dengan hati, pendengaran, lisan dan seluruh anggota tubuh berpeluang mendapat ampunan ketika seseorang ikhlas menerima ujian berupa penyakit.

Rasulullah SAW bersabda,"Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan di hapuskan dengannya dosa-dosanya."(HR Muslim).

Rasulullah bersabda,"Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya(dengan penyakit itu) Allah akan menghapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi."(HR Muslim).Oleh karena itu, tidak boleh bagi seorang mukmin mencaci maki penyakit yang di deritanya.Apalagi sampai berburuk sangka pada Allah dengan musibah sakit itu.

Rasulullah bersabda,"Sakit demam itu menjauhkan setiap mukmin dari api neraka."(HR Al Bazzar,shohih).Sesungguhnya di balik penyakit dan musibah ada hikmah bagi mereka yang mampu dengan jernih memahaminya.Salah satu hikmah terbesar adalah mendekatkan kembali seseorang yang sudah melupakan Allah untuk kembali padaNya.

10 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, Rasulullah Saw bersabda: “Tak seorang muslim pun yang ditimpa gangguan semisal tusukan duri atau yang lebih berat daripadanya, melainkan dengan ujian itu Allah menghapuskan perbuatan buruknya serta menggugurkan dosa-dosanya sebagaimana pohon kayu yang menggugurkan daun-daunnya.” (HR Bukhari dan Muslim). Untuk blog sy yg satunya, InsyaAllah nanti saya sempatkan waktu melihatnya, saya sedang sibuk ngurus buku ke 4 saya yg sedang dalam proses cetak, dan ngurus buku ke 5 sy, jadi tdk bisa lama2 online. Kalau mau tukeran link diblog tsb, harap tunggu dulu ya, saya pelajari blognya dulu, itu blog hadiah dan saya masih harus banyak belajar dan membenahi blog tsb, harap maklum (Dewi Yana)

    BalasHapus
  2. terima kasih atas nasihatnya sob

    BalasHapus
  3. G2 ya sob, tp kebanyakan manusia tdk menyadari. Mlhan mengeluh..

    BalasHapus
  4. Bener bgt tuh Sob....dibalik setiap peristiwa termasuk musibah seperti penyakit pasti ada hikmah yg bisa dijadiin pelajaran........

    Sob Jadi tuker Link ga? aku tunggu nie.....Link Sobat udh dipasang dr kmaren......

    BalasHapus
  5. di setiap cobaan pasti ada hikmahnya

    BalasHapus
  6. yes bos,setuju bgt.jd inti nya mensyukuri smua pemberian dr ALLAH SWT,apapun itu bentk nya trmsk penyakit.trim tlh berkunjung ke tmpt ku,jgn bosan ya

    BalasHapus
  7. Jadilah orang yang sabar jika di timpa suatu penyakit

    BalasHapus
  8. Sakit adalah cobaan.Kita harus menerimanya dengan ikhlas

    BalasHapus
  9. dengan sakit,kita jadi memaknai hidup ya sob?

    BalasHapus
  10. ketika sakit dosa kita di ampura...

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Label

5 Anak Muslim yang Ajaib (1) Al Qur'an (212) Asmaul Husna (1) cerita (62) doa (43) hadits (240) Haji (12) Iblis (6) islam (327) Jin (10) Kristologi (18) Kriteria Cowok Keren Versi Islam (4) Masjid (13) Nabi (27) Para Sufi (3) pengetahuan (20) Puasa (33) sahabat (44) Shalat (52) uswah (75) Wali (5)