Monday, April 8, 2013

Berdosakah Istri Sering Meninggalkan Suami

Beberapa hari yang lalu, tetangga saya datang ke rumah, tak tahunya beliau ingin curhat tentang istrinya.
Beliau bercerita bahwa si istri seringkali meninggalkan rumah dan membiarkan suami hanya termenung sendirian di rumah. Hal itu terjadi karena suami telah menyadari bahwa dia terkadang melakukan tindakan di luar rencana, keras kepala dan membuat istri kesal. Lalu apa hukum dan hadits yang akurat untuk menjawab masalah ini.

Kiranya berikut rangkuman jawaban yang bisa diberikan.


Ketahuilah bahwa Islam mengajarkan kepada seorang wanita untuk taat kepada suami dan ajaran Islam. Karena sesungguhnya surga istri itu ada di dalam tanggung jawab suami. Islam melarang seorang istri meninggalkan suaminya tanpa alasan yang benar. Karena wanita yang sudah menikah telah mengikat janji di hadapan Allah SWT untuk bertanggung jawab dan patuh kepada suami.

Rasulullah SAW bersabda,
"Apabila seorang wanita menjaga shalat lima waktu, berpuasa pada bulannya, menjaga kehormatannya dan mentaati suaminya niscaya dia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dia inginkan."
(HR. Ahmad).

Dari hadits di atas bisa diketahui bahwa istri patuh kepada suami merupakan kewajiban istri untuk mendapatkan surga Allah SWT. Apa yang dilakukan istri dengan meninggalkan rumah tanpa sebab, justru tidak akan menyeleaikan masalah, malah memperberat masalah. Suami akan mempunyai kesan bahwa istri lari dari tanggung jawab kewajiban sebagai istri dan hal itu akan membuat si suami menjadi sakit hati. Sehingga bisa jadi si suami menjadi sangat ringan untuk menceraikan serta menambah fitnah bagi istri dan suami itu sendiri.

Langkah Terbaik

Sebaiknya, bicarakan persoalan tersebut secara baik pada suami, jangan dipendam dalam hati. Kemudian tetap berdoa kepada Allah SWT untuk ketetapan keluarga dan kedamaian dalam membina rumah tangga.

Rasulullah Muhammad SAW telah melarang wanita meninggalkan suami, tanpa sebab, apalagi suami adalah orang yang taat kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda,
Apalagi jika istri pergi meninggalkan rumah karena dimarahi suami yang menasehatinya sungguhy sangat berdosa karena perbuatan istri ini akan dilaknat oleh Allah SWT dan malaikat pun memarahinya."
(HR. Abu Dawud).

Wallahu A'lam.