Sabtu, 30 Oktober 2010

Definisi Takwa

Definisi kata takwa dapat dilihat dari percakapan antara sahabat Umar bun Khattab dan Ubay bin Ka'ab.
Suatu ketika sahabat Umar bin Khattab bertanya kepada Ubay bin Ka'ab apakah takwa itu.

Ubay menjawab,"Pernahkah kamu melalui jalan berduri?"
Umar menjawab,"Pernah."
Ubay menyambung,"Lalu apa yang kamu lakukan?"
Umar menjawab,"Aku berhati-hati, waspada dan penuh keseriusan."

Maka Ubay berkata,
"Maka demikian pulalah takwa."

Sedangkan menurut Sayyid Qutub dalam tafsirnya, Fi Zhilal al-Qur'an, Takwa adalah kepekaan hati, kehalusan perasaan, rasa khawatir yang terus menerus dan hati0hati terhadap semua duri atau halangan dalam kehidupan.

Sedangkan perintah takwa kapan saja terdapat dalam surat Ali Imron 102,
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepadaNya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam."

Jadi dimanapun dan kapanpun kita harus menjaga ketkwaan kita.
Takwa dimana saja memang sulit untuk dilakukan dan dibutuhkan usaha eksra keras.

Untuk menjaga ketkwaan kita dimanapun saja, maka perlunya kita menyadari akan pengawasan Allah SWT baik secara langsung maupun melalui malaikatNya.

2 komentar:

  1. takwa dalam hati, perkataan dan perbuatan ya sob qe3 Bahkan dalam menghadapi ujian hidup, takwa juga diuji: godaan untuk mengumpat dan merutuk :) Alhamdulillah, kita selalu ingat padaNya dan mensyukuri nikmatNya, amien

    BalasHapus
  2. apa yang dikatakan Takwa mari kita kembali ke Al Qur'an salah satunya pada surat Al Imran ayat 132 s/d 136 yaitu orang yang selalu melakukan kebajikan ( kebaikan bermanfaat bagi orang lain disisi Allah):
    - ta'at kepada Allah dan rasul- selalu minta ampun kpd Allah-Menafqahkan harta dalam keadaan apapun ( termasuk menegakkan keadilan)-tdak pemarah-mema'afkan orang lain-istiqomah setelah minta ampun dia tidak pernah lagi mengulangi kesalahannya( taobat nashuha).

    kemudian surat AlBaqarah ayat 177 yang mengatakan bukanlah mengahadap wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu KEBAJIKAN tetapi adalah ber Iman dan Menafqahkan harta,........itulah orang yang bertakwa>.

    dan bahkan Albaqarah awal ayatnya ayat 1 - 3
    juga menerangkan demikian yakni beriman mendirikan shalat dan MENAFQAHKAN HARTA,....

    masih banyak ayat ayat lain yang senada dengan ini,

    JADI jelas sekali Allah menjelaskan tentangh Takwa maka kami mohon saudaraku marilah kita ikuti Alquran (perintah Allah ).

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Label

5 Anak Muslim yang Ajaib (1) Al Qur'an (212) Asmaul Husna (1) cerita (62) doa (43) hadits (240) Haji (12) Iblis (6) islam (329) Jin (10) Kristologi (18) Kriteria Cowok Keren Versi Islam (4) Masjid (13) Nabi (27) Para Sufi (3) pengetahuan (20) Puasa (34) sahabat (44) Shalat (52) uswah (75) Wali (5)